Instan

Teori : Instan

Instan?

Menurut bahasa Indonesia dalam KBBI IIIinstantaneous atau dipendekkan menjadi instantditerjemahkan sebagai “instan”, “dadak”, “sesaat”, atau “segera”. Instan didefinikan sebagai langsung (tanpa dimasak lama) dapat diminum atau dimakan. Dadak didefinisikan sebagai tanpa diduga (diketahui, diperkirakan) sebelumnya, sekonyong-konyong, dan tiba-tiba. Sesaat didefinisikan sebagai sebentar atau sekejap. Segera didefinisikan sebagai lekas, lekas-lekas, buru-buru, tergesa-gesa, cepat (tentang peralihan waktu). Sebenarnya masih banyak lagi definisi yang terkait dalam bahasa Indonesia, seperti seketika, sekejap, langsung, cepat, dan lain-lain.
ᔥ instan – Kateglo ᔥ dadak – Kateglo
ᔥ sesaat – Kateglo ᔥ segera – Kateglo

Berbeda dengan definisi KBBI III yang ternyata kurang informatif dan ternyata bukan tentang waktu, malah lebih ke hal konsumsi langsung serta tidak dapat diperkirakan. Dalam laman Wikipedia bahasa Inggris tentang instant atau instan, yang lebih filosofis dengan waktu, tercantum bahwa an instant is a infinitesimal moment in time, a moment whose passage is instantaneous. Artinya, instan adalah hal sesaat dalam waktu, hal yang terjadi secara spontan.
ᔥ Instant – Wikipedia

Hampir segala hal yang diinginkan pada zaman sekarang adalah sifat instan. Hal yang instan adalah hal yang cepat terjadi dan didapatkan. Banyak keinginan tentang hal ini menciptakan budaya serba instan pada banyak orang modern saat ini. Banyak hal yang dipercepat dan bersaing kecepatan dengan hal lainnya. Segala hal ini tentu saja berdampak baik dan buruk.

Menurut analisis, perkiraan, dan pendapat saya, hal instan di masa depan adalah kebutuhan pokok dan sebuah keharusan yang akhirnya menjadi salah satu inti penting dari segala hal yang berkaitan dengan kehidupan. Tentu saja, hal instan tersebut juga harus tepat, benar, dan bermanfaat. Hal tersebut sangat mungkin dapat terjadi karena pada zaman sekarang sudah dimulai perubahan yang instan melalui kecanggihan teknologi. Apalagi, dengan sudah adanya salah satu hal paling instan di dunia, Internet.

Fokus : Hal instan pada Internet

Internet, sebuah penemuan luar biasa pada zaman komputer. Dalam laman Wikipedia bahasa Indonesia, dinyatakan bahwa secara harfiah, Internet (kependekan dari interconnection-networking) ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf ‘I’ besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Dengan teknologi ini, bahasan tentang instan akan lebih jauh dan luas lagi, mencakup bagaimana informasi dapat diakses dimana saja dan kapan saja dalam waktu yang sangat instan.
ᔥ Internet – Wikipedia

Terdapat video yang diunggah di YouTube oleh Google dan Museum Mundaneum dalam channelComputing Heritage berjudul Mundaneum and Google . Video pendek tersebut menceritakan tentang penemuan pertama dari Paul Otlet dan Henri La Fontaine. Puluhan tahun sebelum adanyaWorld Wide Web atau Internet, mereka membuat sistem pengarsipan kertas untuk informasi milik dunia yang dinamakan Mundenaem. Tujuan mereka adalah untuk menjaga perdamaian dengan merakit pengetahuan, sehingga dapat diakses oleh seluruh orang di dunia. Dibanding sekarang dengan teknologi canggih seperti penyimpanan digital dan Internet, tentunya perkembangannya sangat jauh dan cepat sekali.

Fokus : Hal instan pada Google


Logo resmi Google yang dirilis pada tanggal 6 Mei 2010, didapat melalui Wikipedia Commons

Saya banyak menemukan hal instan pada Google berhubung Google adalah perusahaan teknologi yang paling ambisius pada kecepatan instan. Seperti saat Google membuat sistem Google Instantdengan prediksi cerdas untuk mewujudkan peningkatan kecepatan pencarian dan menemukan hal yang dicari dalam hasil pencarian hingga 2-5 detik. Walaupun sepertinya sedikit, daya instan ini dapat meningkatkan produktivitas dan mengurangi waktu yang terbuang. Hal ini diperkirakan jika semua orang menggunakan Google Instant, 3.5 milyar detik sehari atau 11 jam terhematkan setiap detik. Apalagi jika dengan hasil pencarian yang terpersonalisasi (personalized results), menjadikan penggguna dapat lebih cepat menemukan yang benar-benar ingin dicari.
ᔥ Search: now faster than the speed of type
ᔥ Google Instant, behind the scenes

Terdapat 2 artikel populer pada situs Business Insider tentang instan dan kecepatan yang dikembangkan di Google, yaitu This Googler Is Trying To Make The Internet 2 Times Faster Than The Blink Of An Eye dan Google Engineer Urs Holzle: Speed Is King Lebih kurang, 2 artikel tersebut membahas tentang beberapa proyek Google untuk membuat Internet instan dan betapa pentingnya kecepatan.

Kesimpulan : Pentingnya Instan

Pada zaman sekarang saja, hal instan sudah sulit dipisahkan dengan kehidupan modern sehari-hari. Apa pun dan siapa pun butuh instan. Dan tanggung jawab dari daya instan ini ada pada generasi sekarang. Jadi marilah membangun dunia, minimal lingkungan sekitar dahulu, agar lebih instan dan lebih baik. Dengan cara, minimal yang sederhana, mengerjakan yang lebih penting dan menghilangkan yang tidak penting sehingga dapat tercipta alur yang lebih cepat.

— Muhammad Haidar Hanif, 54411850, 1IA07
Catatan : Sumber terkait terdapat pada tautan bertanda ᔥ
Sumber langsung terdapat pada tulisan bergaris bawah.

Dengan kaitkata , , ,
%d blogger menyukai ini: