Masa Depan

Gambaran Masa Depan

Masa depan, masa yang tidak dapat diterka dengan tepat tetapi dapat diperkirakan dan direncanakan mulai dari masa sebelumnya yaitu masa sekarang dan masa lalu. Perjalanan waktu dari masa sekarang hingga masa depan adalah hal yang harus dilalui untuk dapat mencapainya.

Pada masa sekarang, kebanyakan orang yang berpikiran maju dari dulu hingga sekarang membagi gambaran masa depan dalam 2 mode interval, yaitu masa depan klasik dan masa depan modern. Kesamaannya tetap ada pada posisi waktunya, yaitu ada di masa depan. Perbedaannya adalah gaya dan kemungkinan terjadinya masa depan tersebut. Lebih lagi, masa depan klasik dalam penggambarannya lebih banyak tidak mungkin terjadi dan agak berlebihan dalam imajinasi (kecuali yang benar-benar dibuat dan bekerja) sedangkan masa depan modern benar-benar akan terjadi dan bahkan sudah terjadi. Mungkin akan agak sulit diceritakan tanpa penjelasan panjang dan berbelit, maka dari itu berikut ini adalah gambaran berbentuk ilustrasi pada setiap gaya masa depan :

Masa Depan Klasik (Retro Future)

Berikut adalah beberapa cetakan gambaran masa depan pada tahun 2000-an yang digambarkan dari/pada masa tahun 1910-an yang berjudul Visions de l’an 2000 oleh Villemard yang sekarang terdapat di The National Library of France. Untuk melihat lebih banyak gambar, dapat mengunjungi situs The National Library of France atau Paleofuture.

patience...

Kereta listrik dari Paris ke Beijing

patience...

Pembangunan elektrik

patience...

Pemangkas rambut

patience...

Di sekolah

patience...

Perang mobil

patience...

Penjahit

patience...

Pemadam kebakaran udara

patience...

Polisi udara

patience...

Penjaga dengan helikopter

Masa Depan Modern (Modern Future)

Gambar masa depan modern tentu saja sudah dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari dan benar-benar bekerja dengan nyata seperti :

  1. Komputer : Komputer desktop, laptop, ponsel cerdas (smartphone), komputer tablet
  2. Kendaraan : Mobil, sepeda motor, kereta, pesawat, kapal
  3. Elektronik : Televisi, radio, telepon, kulkas
    dan lain-lain.

Revolusi di Masa Depan

Zaman modern menjadikan masa depan lebih cepat untuk diraih dan sampai bahkan sebelum waktu sebenarnya tiba. Karena itulah muncul revolusi, yang bahkan sekarang sudah menjadi tren tersendiri. Kehidupan di zaman modern menuntut serba cepat dan berubah hampir setiap waktu. Berikut adalah beberapa contoh revolusi dan pengaruh masa depan terhadap beberapa aspek terpenting dalam kehidupan manusia yang menurut saya penting untuk dibahas.:

Teknologi

Teknologi, aspek yang paling berkembang dan berubah sangat cepat dalah kehidupan di dunia yang berubah seiring dengan waktu. Dari sebuah pemikiran, berkembang menjadi berbagai macam hal yang dapat membantu kehidupan.

Desain

Desain (bukan Seni), aspek yang paling berpengaruh dan tergabung pada hampir semua aspek yang lainnya. Karena desain merupakan fundamental pembentukan suatu hal dan kaitannya dengan hal lain.

Waktu

Waktu, aspek yang memberi pengaruh paling tinggi dan kuat di antara aspek yang lain. Waktu bahkan memiliki dimensi tersendiri setelah dimensi ruang yang biasa disebut dalam dimensi keempat, yaitu kombinasi dimensi ketiga dengan dimensi waktu. Untuk memahami aspek waktu di masa depan, perlu diketahui dan mengerti terlebih dahulu apa itu waktu yang sebenarnya ada dalam dimensi keempat atau dimensi kehidupan. Karena mungkin akan sulit dicerna dengan kata-kata biasa tanpa perhitungan matematis, mungkin video dari Minute Physics yang berjudul There is no “Fourth” dimension ini dapat sangat membantu :

Untuk Masa Depan yang Lebih Baik

Dalam pemikiran filosofis dan fisis, sebenarnya kita sudah melalui masa depan, masa depan yang posisinya ada pada masa lalu kita. Maka dari itu utamanya kita harus (minimal) dapat mensyukuri apa yang ada dan kita dapat di masa kita hidup. Karena sejatinya kita tidak dapat menentukan di masa kapan kita ingin dilahirkan dan hidup serta di masa kapan kita ingin mengakhiri kehidupan. Tidak terasa bahwa kehidupan di Bumi telah melalui perjalanan yang amat sangat lama sekali. Walaupun begitu, tentu saja kita ketahui bahwa waktu kehidupan pada saatnya akan berakhir tanpa kita ketahui sebelumnya secara tepat, karena bukan organisme kehidupan di dunia yang menentukan. Maka dari itu, yang dapat dilakukan adalah melakukan hal yang terbaik dan kita bisa untuk memperoleh masa depan yang lebih baik.

“Berusahalah di dunia ini seolah-olah Anda berada akan hidup selamanya, namun persiapkan segalanya seolah-olah Anda akan mati esok.”
— Nabi Muhammad SAW

— Muhammad Haidar Hanif, 54411850, 1IA07
Catatan : Sumber terkait terdapat pada tautan bertanda ᔥ
Sumber langsung terdapat pada tulisan bergaris bawah

Dengan kaitkata , , , , ,
%d blogger menyukai ini: